apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi ?


Biogasakan istilah yang sangat familiar dalam kehidupan, namun tidak semua orang mengetahui bagaimana struktur dan bentuk struktur gas ini. 

apakah yang dimaksud dengan biogas ?

biogas adalah gas yang bahan utama adalah campuran gas metan (CH4 - 50.60%), CO2 (> 30%) dan beberapa zat lain yang timbul dari penguraian senyawa organik seperti uap air, N2, O2, H2S, CO.

Cara menghasilkan biogas dengan menyegel sampah organik contohnya dari feses sapi sehingga menghasilkan gas. Gas ini mudah terbakar dan sering digunakan sebagai sumber gas rumah tangga atau diubah menjadi listrik.

Apakah Biogas beracun?

Biogas adalah gas beracun jika  bersentuhan langsung dengannya. Jika terhirup dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kematian. Namun, jika diolah untuk dijadikan bahan bakar dan listrik, tidak akan mempengaruhi kesehatan manusia tetapi juga membantu melindungi lingkungan hidup.

Mekanisme pembentukan biogas

Mekanisme pembentukan biogas adalah dengan penguraian limbah organik (terutama feses dan limbah cair dari ternak sapi dan unggas) di bawah pengaruh mikroorganisme anaerob untuk membentuk zat dan gas terlarut. Setelah itu bahan ini harus menjalani banyak reaksi kimia yang berbeda, sebagian besar Karbon, Hidrogen, dan Oksigen dapat diubah menjadi gas Metana dan Karbonik.

Studi menunjukkan mekanisme pembentukan biogas dalam dua cara yaitu:

Cara pertama:

Tahap 1: Ini adalah fase Pengasaman Selulosa ((C6H10O5) n + nH2O -> 3nCH3COOH) dan membuat garam (CH3COOH + NH4OH -> CH3COONH4 + H2O

Tahap 2: Merupakan tahap fermentasi gas metan (CH3COONH4 + H2O -> CH4 + CO2 + NH4OH) berkat hidrolisis garam organik.

Cara 2:

Fase 1: Pengasaman selulosa ((C6H10O5) n + nH2O -> 3nCH3COOH) terjadi, dan menghasilkan CO2 dan H2 melalui hidrolisis asam (CH3COOH + 2H2O -> 2CO2 + 4H2).

Fase 2: Sintesis metana dari reaksi kimia antara CO2 dan H2 (CO2 + 4H2 -> CH4 + 2H2O).

Bagaimana pengembangan biogas yang termasuk kegiatan ramah lingkungan?

Pemanfaatan biogas pada peternakan akan membantu kandang agar selalu bersih, memiliki udara yang baik, kotoran ternak dan unggas dapat bersih secara menyeluruh, terhindar dari penyakit infeksi.

Digunakan sebagai sumber energi bersih: Biogas digunakan sebagai bahan bakar dalam kehidupan sehari-hari, menghasilkan listrik untuk penerangan yang ramah lingkungan dan menghemat banyak biaya.

Penerapan biogas dalam industri: Limbah ternak setelah masuk ke reaktor biogas sebagian akan diubah menjadi biogas. Sisanya akan digunakan untuk kompos menjadi pupuk organik yang memberikan banyak hara yang baik bagi tanaman, membantu tanah menjadi lebih subur dan keropos. Selain itu, air limbah biogas dapat digunakan untuk mengairi tanaman.

Di atas adalah informasi paling rinci tentang apa itu biogas dan pemanfaatannya semoga informasi ini bermanfaat


Belum ada Komentar untuk "apakah yang dimaksud biogas kotoran sapi ? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel