Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya tak terduga dari kantong plastik dan plastik sekali pakai

Saat ini penggunaan kantong plastik sangat banyak digunakan dalam keseharian masyarakat. Meski nyaman dan murah, namun peningkatan penggunaan produk ini menimbulkan dampak serius bagi lingkungan dan kesehatan manusia.
1. Bahaya membakar sampah plastik  membahayakan kesehatan :

Karena permintaan penggunaan yang semakin meningkat maka jumlah sampah plastik yang dibuang ke lingkungan semakin meningkat, sedangkan pengumpulan dan pengolahan sampah tidak tepat waktu, sehingga fenomena pembakaran sampah plastik sebagai langkah alternatif. bahaya asap pembakaran sampah bagi kesehatan organ pernapasan adalah Ketika dibakar di lingkungan, banyak gas beracun akan tercipta, termasuk dioksin dan furan, yang merupakan zat sangat beracun yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas, mempengaruhi kelenjar endokrin, mengurangi kekebalan, disfungsi. Pencernaan ... Terutama ada risiko kanker bila terpapar secara terus menerus.

2..Berbahaya penggunaan plastik bagi kesehatan manusia:

Kantong plastik, sedotan, gelas plastik, kemasan plastik ... sebagian besar didaur ulang dari produk plastik bekas, beberapa bahan kimia dalam produk plastik ini seperti: pemlastis, pewarna, timbal, kadmium .akan memasuki makanan, dan kemudian diserap ke dalam tubuh manusia melalui pemakaiannya. Zat kimia ini dapat menumpuk dalam waktu lama yang dapat menyebabkan kanker, mempengaruhi perkembangan otak pada anak, mengubah jaringan, mengubah kromosom, keguguran, cacat lahir, perubahan hormonal. dan banyak konsekuensi lainnya bagi kesehatan manusia.

Bisphenol-A (BPA) adalah bahan kimia buatan yang digunakan dalam produksi produk yang terbuat dari plastik polikarbonat seperti wadah makanan, botol bayi, mainan ... Menurut  Badan Internasional untuk Riset Kanker menunjukkan bahwa BPA merupakan zat yang sangat berpotensi menyebabkan kanker, selain itu BPA juga memiliki efek memperlambat perkembangan otak, gangguan endokrin, kemandulan

3. Dampak negatif Sampah plastik terhadap lingkungan :

Kantong plastik dan produk plastik sekali pakai, hanya digunakan untuk waktu yang sangat singkat kemudian dibuang, tetapi produk ini proses penguraian membutuhkan waktu yang yang lama, kerugiannya tidak hanya untuk kesehatan manusia. tetapi juga pada lingkungan dan ekosistem di bumi. Menurut penelitian, dibutuhkan waktu 500 - 1000 tahun agar kantong plastik terurai di alam. Sedangkan jumlah sampah plastik yang dibuang ke alam sangat besar,. Akibatnya, sampah plastik dan kantong plastik di mana-mana menyebabkan pencemaran lingkungan yang serius dan kondisi penyakit berkembang biak dan berkembang.

Post a Comment for "Bahaya tak terduga dari kantong plastik dan plastik sekali pakai"

Berlangganan via Email