jenis pencemaran lingkungan - Penyebab dan solusi

Pencemaran lingkungan adalah salah satu masalah paling serius dan memprihatinkan saat ini. Konsekuensi pencemaran lingkungan sangat serius dan tidak dapat diprediksi. Mari pelajari lebih lanjut tentang jenis-jenis pencemaran lingkungan, konsekuensi dan cara mengatasinya, tepat di bawah ini.

apa yang dimaksud dengan pencemaran lingkungan itu?
Pencemaran lingkungan secara sederhana didefinisikan sebagai lingkungan alam yang tercemar, tidak segar lagi. Lingkungan yang tercemar menyebabkan perubahan fisik, biologis, dan kimiawi yang menyebabkan konsekuensi tak terduga bagi manusia dan ekosistem. Penyebab terbesar pencemaran lingkungan adalah dampak manusia dan beberapa aktivitas alam

Jenis pencemaran lingkungan

Di bawah ini adalah jenis pencemaran lingkungan yang paling umum.

Pencemaran lingkungan udara

Pencemaran udara adalah adanya sejumlah zat asing, zat yang telah dimodifikasi sehingga udara kehilangan kesegarannya, menimbulkan bau yang tidak sedap dan kemungkinan membatasi penglihatan manusia.

Saat ini, pencemaran menjadi masalah yang menjadi perhatian seluruh dunia, bukan perhatian khusus negara manapun. Perubahan udara semakin parah, menyebabkan dampak yang sangat berat bagi kesehatan manusia dan ekosistem alam. Apalagi di kota-kota besar, polusi udara semakin parah. Konsentrasi debu halus selalu cenderung meningkat, terutama di daerah dengan sumbu lalu lintas yang besar dan jalan raya. Menurut statistik perkotaan, jumlah hari dengan nilai debu halus melebihi angka kwalitas udara yang sangat tinggi. Debu halus sangat banyak pada saat musim kering atau ketika suhu rendah, menyebabkan kerusakan  pada kesehatan manusia.

Tidak hanya itu, polusi udara semakin menjadi perhatian di kawasan industri besar. Tempat tersebut sering kali langsung membuang gas berbahaya ke lingkungan

Penyebab

Ada banyak penyebab pencemaran udara, tetapi terutama dari manusia. Aktivitas sehari-hari, aktivitas industri seperti ekstraksi minyak, batu bara dan gas telah melepaskan zat berbahaya ke udara. Selain itu pencemaran udara juga berasal dari gas buang kendaraan khususnya sepeda motor.

Konsekuensi

 Polusi udara memiliki konsekuensi yang sangat serius bagi kehidupan manusia, yaitu lapisan udara yang pengap dan tidak tembus cahaya yang menyebabkan berbagai macam penyakit pernapasan. Hujan asamlah yang merusak tanaman dan bahkan menghancurkan hutan. Dan yang paling menakutkan adalah bahwa limbah tersebut menimbulkan efek rumah kaca, mengubah udara dan menyebabkan fenomena alam yang tidak normal

Pencemaran lingkungan tanah

Pencemaran tanah merupakan fenomena kerusakan tanah permukaan yang disebabkan oleh limbah . Aktivitas manusia merupakan penyumbang pencemaran tanah terbesar.

Di negara kita dalam beberapa tahun terakhir menghadapi pencemaran tanah yang serius. Dengan meningkatnya kecepatan industri, urbanisasi dan pertambahan penduduk yang cepat, luas daratan semakin menyempit, terdegradasi dan tercemar.

Penyebab

Aktivitas manusia adalah penyebab utama pencemaran lingkungan tanah, limbah tidak dipilah dan dikumpulkan; menggunakan terlalu banyak bahan kimia, zat pelindung tanaman, eksploitasi mineral yang berlebihan, penggundulan hutan, erosi tanah,….

Konsekuensi

Tanah adalah sumber daya yang berharga, tempat tinggal dan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, Jika tanah tercemar, hal itu akan menyebabkan kerusakan serius pada habitat spesies tersebut. Selain itu, sumber daya alam juga rusak sehingga menimbulkan kerugian serius bagi kualitas hidup manusia

Pencemaran lingkungan air

Lingkungan air tercemar ketika adanya zat asing atau perubahan negatif air membuat sumber air menjadi racun bagi organisme dan manusia. Polusi air mengurangi keanekaragaman hayati dan sangat mempengaruhi kesehatan manusia. Dalam hal tingkat keparahan, pencemaran air memiliki tingkat penyebaran dan lebih serius daripada pencemaran tanah.

Saat ini, lingkungan perairan di kota-kota besar dan kawasan industri semakin tercemar oleh banyaknya limbah yang dibuang ke permukaan air. Selain itu, banyak fasilitas manufaktur membuang limbah langsung ke lingkungan tanpa mengolah limbah dengan benar.

Kecepatan urbanisasi, industrialisasi dan pertumbuhan penduduk telah menyebabkan tekanan yang parah pada lingkungan air. 

Penyebab

• Kandungan garam mineral dan zat organik yang berlebih membuat organisme di lingkungan perairan tidak dapat berasimilasi.

• Zat beracun menyebabkan penurunan oksigen secara tiba-tiba dalam air, peningkatan gas beracun menyebabkan degradasi badan air.

• Tumpahan minyak di laut.

• Bahan kimia dan limbah pabrik belum diolah

• Kelebihan kandungan pupuk kimia, pestisida, herbisida

Konsekuensi

Polusi air menyebabkan konsekuensi yang serius: menipisnya sumber daya air tawar yang bersih, mengurangi keanekaragaman hayati di lingkungan air dan merusak keseimbangan ekologi.

Belum ada Komentar untuk "jenis pencemaran lingkungan - Penyebab dan solusi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel