Penjelasan ringkas Ciri-ciri Pohon Pinus

Keluarga pinus memiliki nama ilmiah Pinaceae, Keluarga pohon pinus sangat beragam, dengan 220-250 jenis pohon pinus yang berbeda. Ciri umum dari pohon-pohon ini adalah berkayu, dengan kumpulan  dedaunan membentuk piramida. Pohon pinus memiliki umur yang sangat panjang dari 100 hingga 1000 tahun. Perbedaan ketinggian spesies cukup besar dari 2-100m.

Pohon pinus tumbuh di daerah beriklim sedang di belahan bumi utara. Namun, juga ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Daerah seperti Cina barat daya, Meksiko, Jepang  atau California memiliki keanekaragaman spesies pinus

Kulit batang pohon pinus cukup tebal, berwarna coklat kemerahan muda dan memiliki retakan di sepanjang batangnya. Kayu pinus berwarna kuning-oranye, lembut, dan beraroma ringan, oleh karena itu banyak digunakan untuk peralatan rumah tangga

 Daun pinus berbentuk jarum atau bersisik dalam garis spiral atau berkelompok pada cabang pendek. Daun pinus bisa terasa kering, keras, dan tajam saat disentuh. 

Kacang pinus memiliki cangkang yang keras, berbentuk oval, lembut, dan dapat dimakan. Kacang pinus sangat bergizi dan menjadi makanan di negara-negara Eropa.

Apakah pohon pinus itu berbunga?

Pohon pinus tidak memiliki bunga dan buah pinus tidak memiliki benang sari serta tidak memiliki ovarium yang berisi bakal biji untuk membentuk bunga sejati. Organ reproduksi pinus adalah nimfa, jantan membawa kantong serbuk sari, betina membawa karpel, setelah pembuahan berkembang menjadi biji, tidak berbunga atau berbuah.

Cara menanam dan merawat pohon pinus

Untuk menanam pohon Pinus sebaiknya memilih jenis tanah dengan tanah pasir atau kerikil, tanah berbukit untuk drainase yang baik. Jika memungkinkan gunakan lahan dari areal tanam dan perhatikanuntuk tidak menggunakan pupuk kimia. 

pohon pinus tidak memiliki kebutuhan air yang tinggi. Hanya menyiram ketika tanah kering.Jika disiram terlalu banyak, biasanya tanaman akan mati.

Pinus adalah spesies pohon besar yang hidup di belahan bumi utara dan membutuhkan cahaya dalam jumlah sedang untuk tumbuh. Sebaiknya pilih lokasi yang terbuka tapi tidak terkena sinar matahari untuk menanam pohon

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan ringkas Ciri-ciri Pohon Pinus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel