Tugas dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan

Lingkungan yang semakin tercemar menuntut setiap individu untuk sadar diri dan bergandengan tangan dalam menjaga dan melindungi lingkungan hidup yang hijau, bersih dan asri. hal itu bisa di tanamkan sejak anak duduk di sekolah, siswa perlu mengetahui apa yang perlu mereka lakukan untuk melindungi lingkungan
Tanggung jawab untuk melindungi lingkungan 

Perlindungan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama seluruh lapisan masyarakat, mulai dari organisasi kemasyarakatan, lembaga, dan organisasi sosial hingga setiap individu individu. Pencemaran lingkungan tidak hanya berdampak langsung pada kesehatan manusia saat ini, tetapi juga meninggalkan banyak konsekuensi serius bagi generasi berikutnya. Oleh karena itu, setiap pekerja perlu meningkatkan kesadaran, bergandengan tangan untuk berkontribusi dalam melestarikan dan melindungi lingkungan dengan cara yang terbaik.

Tanggung jawab siswa untuk melindungi lingkungan sekitar

Bagi siswa yang masih duduk di bangku sekolah, juga perlu memiliki tanggung jawab menjaga lingkungan hidup. Anak-anak dapat melindungi lingkungan dengan tindakan praktis dan sesuai usia seperti:

Mematuhi kebijakan dan undang-undang tentang sumber daya alam dan perlindungan lingkungan.

Berpartisipasi aktif dalam kegiatan perlindungan sumber daya alam dan lingkungan di wilayah tersebut

Memobilisasi semua orang untuk melakukan hal yang sama, sambil memberantas pelanggaran hukum tentang sumber daya alam dan perlindungan lingkungan.

Apa yang perlu dilakukan siswa untuk melindungi lingkungan

Membersihkan ruang kelas atau rumah

Siswa “sedini mungkin” harus dapat mulai melindungi lingkungan dengan membersihkan ruang kelas, sekolah, dan rumah mereka. Pekerjaan kecil ini membawa makna yang sangat baik untuk membantu lingkungan hidup selalu bersih dan bersih.

Buang sampah di tempat yang tepat, jangan  membuang sampah sembarangan

Penyebab utama pencemaran lingkungan adalah membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu, anak perlu lebih sadar diri, membuang sampah pada tempat yang tepat dan membersihkan setelah digunakan. Di sekolah, disarankan untuk membangun tempat pembuangan dan pemilahan sampah yang terpisah agar anak-anak dapat melakukannya dengan lebih mudah.

Batasi penggunaan kantong plastik 

Kantong plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, membuat hara tanah menjadi miskin, mencemari lingkungan laut dan membunuh makhluk laut yang menelannya, ... Itulah mengapa  harus membatasi penggunaannya. kantong plastik, sebaiknya diganti dengan kantong kertas atau tas kain untuk menyimpan barang-barang  sehari-hari!

Hemat listrik dan air dalam kehidupan sehari-hari

Menghemat listrik dan air dalam kegiatan sehari-hari juga merupakan pekerjaan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk membantu menjaga lingkungan.

Hemat air: Jangan boros air, kunci keran tepat setelah digunakan.

Hemat listrik: matikan semua peralatan listrik saat tidak digunakan dan di tempat yang tidak perlu.

Secara aktif menanam pohon

Anak-anak dapat menanam pohon di sekolah atau di rumah mereka sendiri untuk membantu menjaga udara tetap segar dan bersih.

Belum ada Komentar untuk "Tugas dan tanggung jawab siswa terhadap lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel