• Jelajahi

    Copyright © Spirithealt
    Best Viral Premium Blogger Templates

    cara mengobati cacar air pada anak dengan benar

    , November 22, 2020 WIB Last Updated 2020-11-23T03:14:09Z

    Cacar air pada anak
    Cacar air merupakan salah satu penyakit kulit yang sering diderita oleh anak, Walaupun cacar air merupakan penyakit yang tidak berbahaya, banyak orang tua sering kurang tanggap dalam menangani penyakit cacar air pada anak sehingga menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang. Oleh karena itu, cacar air harus dideteksi sejak dini dan dirawat dengan hati-hati. pada artikel kali ini  kita akan membantu  para orang tua untuk mengetahui cara pengobatan cacar air pada anak dengan benar

    Apa penyebab cacar air?


    Munculnya Cacar air disebabkan oleh virus Varicella Zoster dari keluarga Herpesviridae. 

    Virus Varicella Zoster menyebabkan cacar air dengan cara menembus mukosa saluran pernafasan. pada tahap awal infeksi virus ini akan menghapus cangkang, kemudian beralih ke bentuk aktifnya . Virus kemudian terus berkembang biak, menembus aliran darah, menyebabkan kerusakan parah pada kulit dan selaput lendir.


    Cara infeksi cacar air:


    • Saluran pernafasan dengan cairan liur di udara yang dilepaskan dari saluran pernafasan seperti hidung atau mulut penderita.

    • Menyebar melalui kontak langsung dengan benda-benda seperti pakaian, selimut dan bantal yang terkontaminasi oleh penderita. 

    • Menyebar melalui kontak langsung seperti saat penularan dari ibu ke bayi saat dia terkena cacar air selama kehamilan

    Gejala anak-anak yang pernah tertular cacar air


    Gejala cacar air pada anak
    • Saat terinfeksi virus penyebab cacar air, anak akan melalui masa inkubasi sekitar 10-20 hari. Selama kambuh, cacar air akan memiliki gejala yang terlihat seperti demam, kelelahan, nyeri tubuh, dan anoreksia. 

    • Selanjutnya, di tubuh anak mulai muncul papula kecil. 1-2 hari kemudian, papula bulat kecil berkembang menjadi vesikula besar dan kecil yang berbeda.

    • Lepuh ini berisi cairan bening yang kemudian akan berubah menjadi keruh dan pecah serta menjadi kerak. Cairan dari lepuh ini, jika tidak dibersihkan, bisa menjadi sumber infeksi yang berbahaya. 

    • Karena sifatnya yang mudah menular, maka ketika anak menunjukkan gejala penyakit ini, maka anak tersebut harus diisolasi di rumah.  untuk menghindari penyebaran penyakit kepada orang-orang di sekitar Anda

    Komplikasi dari cacar air berbahaya pada anak kecil


     Cacar air yang tidak dirawat dan diobati dengan baik dapat menyebabkan penyakit menyebar dengan cepat dan sulit dikendalikan. Apabila anak terinfeksi dalam waktu yang lama karena penanganan kurang tepat biasanya setelah sembuh  akan meninggalkan bekas luka pada anak. Cacar air dapat menyebabkan komplikasi serius seperti pneumonia, pielonefritis, meningitis .. 

    Beberapa dampak yang ditimbulkan dapat menyebabkan konsekuensi ireversibel seperti tuli, epilepsi, keterlambatan perkembangan motorik mental, ... Selain itu, pada kasus di mana ibu hamil terkena cacar air 5 hari hingga 48 jam setelah lahir, bayi yang dilahirkan rentan terhadap cacar air bawaan dan membawa cacat serta gejala sisa seumur hidup.

    Cara menyembuhkan cacar air pada anak dengan benar


     Meski penyakit ini cukup umum terjadi pada anak , banyak orang tua yang masih bingung dan tidak tahu apa yang harus mereka lakukan bila anak mereka terkena cacar air. 

    Segera setelah gejala cacar air terdeteksi pada anak-anak, tindakan harus diambil untuk mengisolasi anak-anak di lingkungan yang bersih, untuk menghindari infeksi lebih lanjut dan mencegah penyebaran ke orang di sekitar mereka. 

    Jika anak mengalami demam tinggi lebih dari 38,5 derajat C, orang tua dapat memberikan obat penurun demam seperti yang sesuai petunjuk dokter. 

    Bersihkan kulit untuk menghilangkan penyebab penyakit dengan larutan antiseptik yang efektif untuk virus cacar air dan aman untuk anak-anak.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Alam

    +