konsekuensi yang ditimbulkan dari perubahan iklim global


Dengan perubahan yang tidak dapat diprediksi, perubahan iklim global merupakan ancaman dan menjadi masalah yang sulit tidak hanya bagi lingkungan tetapi juga bagi kehidupan dan kehidupan manusia.

konsekuensi yang ditimbulkan dari perubahan iklim global yaitu:

Ekosistem yang hancur

Hancurnya ekosistem dianggap sebagai konsekuensi yang paling parah karena perubahan iklim. Dengan meningkatnya jumlah gas karbondioksida, hal ini membahayakan ekosistem.

Konsekuensi selanjutnya seperti udara yang sangat tercemar, sumber air tawar yang tidak mencukupi, kelangkaan bahan bakar, ... adalah dampak dari ekosistem yang secara bertahap terkikis dan dihancurkan.

Hilangnya keanekaragaman hayati

Tidak hanya perubahan ekosistem alami, perubahan iklim juga menurunkan keanekaragaman hayati. Ketika suhu bumi naik, semua jenis tumbuhan dan hewan punah karena kehilangan habitatnya

Menurut para ilmuwan, jika suhu terus meningkat dari 1,1 derajat menjadi 6,4 derajat, sekitar 50% spesies akan menghadapi kepunahan.

Saat ini, banyak jenis hewan yang harus bermigrasi akibat perubahan iklim. Misalnya, Amerika Utara dianggap sebagai habitat rubah merah, tetapi sekarang mereka harus bermigrasi ke Kutub Utara untuk mencari habitat yang lebih cocok.

Penyakit

Penyakit adalah salah satu akibat paling berbahaya dari perubahan iklim. Saat ini, semakin banyak penyakit menular dan sangat berbahaya yang mengancam kehidupan manusia, hewan, serta tumbuhan.

Hal tersebut dianggap sebagai akibat dari kenaikan suhu, banjir, dan kekeringan yang berkepanjangan sehingga menyebabkan kuman penyakit berkembang biak  

Organisasi Kesehatan Dunia juga telah mengeluarkan peringatan bahwa akibat perubahan iklim global, penyakit yang dulunya hanya muncul di daerah tropis kini muncul di daerah beriklim sedang.

Menurut statistik, rata-rata, setiap tahun hingga 150.000 orang meninggal karena penyakit jantung dan saluran pernapasan.

Kekeringan

Saat ini, beberapa wilayah seperti Pakistan, India, dan Afrika menderita akibat dari perubahan iklim global, termasuk kekeringan, kekurangan air serta makanan.

Kekeringan dianggap salah satu bahaya yang sangat besar, mengancam  kehidupan orang-orang. Bahkan menurut penelitian, di daerah-daerah tersebut curah hujan akan semakin kecil.

Badai dan banjir

Badai dan banjir adalah salah satu akibat paling serius dari perubahan iklim. 

Ketika permukaan laut meningkat, frekuensi badai menjadi lebih sering dan tingkat bahayanya juga meningkat.

Dalam 30 tahun terakhir, jumlah badai yang berbahaya meningkat dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

Kerugian ekonomi

Tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga berdampak  bagi perekonomian.

Di balik badai atau banjir terdapat kerugian karena kerusakan lahan pertanian, rumah-rumah hanyut. Belum lagi biaya untuk mengatasi  badai dan banjir juga sangat besar.

Selain itu, ketika wabah menyebar, banyak negara harus mengeluarkan banyak uang untuk mencegah wabah penyakit sehingga menimbulkan kerugian dan kerusakan ekonomi.

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa konsekuensi yang ditinggalkan oleh perubahan iklim global tidaklah kecil. Perubahan iklim merupakan ancaman bagi kelangsungan hidup kita di bumi,. Jadi, sebelum terlambat, mari bersama sama melindungi lingkungan dan meminimalkan bahaya perubahan iklim.

Belum ada Komentar untuk "konsekuensi yang ditimbulkan dari perubahan iklim global"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel