• Jelajahi

    Copyright © Spirithealt
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Sakit Pinggang Bagian Bawah: Penyebab Dan Pengobatan

    , November 23, 2020 WIB Last Updated 2020-12-06T22:38:39Z

     Cara mengobati sakit pinggang bagian bawah


    Penyebab paling umum sakit pinggang bagian bawah biasanya terkait masalah pekerjaan. Sebagian besar sakit pinggang bagian bawah disebabkan oleh cedera, seperti otot terkilir, atau karena gerakan tiba-tiba atau postur tubuh yang buruk saat mengangkat benda berat.


    1. Penyebab sakit pinggang bagian bawah

    Sakit pinggang bagian bawah
    Sakit Pinggang Bagian Bawah

    Dalam banyak kasus, sakit pinggang terkait dengan degeneratif tulang belakang , yaitu penuaan dari tulang belakang serta kehilangan struktur dan fungsi normalnya dari waktu ke waktu,  seiring bertambahnya usia. Beberapa contoh penyebab sakit punggung bagian bawah meliputi:


    Otot Terkilir: yaitu cedera yang terjadi pada selubung ligamen, yang biasanya terjadi setelah gerakan ekstrem tetapi tidak menyebabkan dislokasi atau patah tulang.Otot Terkilir menyebabkan ketegangan ligamen atau robekan ligamen, yang keduanya dapat diakibatkan karena salah memutar atau mengangkat benda. Gerakan seperti itu bisa memicu kontraksi pada otot pinggang, sehingga menimbulkan rasa sakit.


    Penyakit karena penuaan: biasanya akan  menciptakan gerakan abnormal dari struktur ligamen, sendi, tulang permukaan vertebral sehingga menyebabkan sakit pinggang hal Ini merupakan penyebab sakit pinggang bagian bawah yang paling sering terjadi. 


    Penyakit akar saraf: merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kompresi, peradangan dan / atau kerusakan akar saraf di tulang belakang. Tekanan pada akar saraf menyebabkan nyeri, mati rasa, atau kesemutan yang bergerak atau menyebar ke area lain di tubuh di sepanjang jalur saraf itu sendiri. Akar saraf dapat terjadi dengan stenosis tulang belakang atau herniasi diskus atau pecahnya diskus yang menekan akar saraf.


    Saraf skiatik: adalah saraf terpanjang dan terbesar di tubuh, membentang dari punggung bawah, melalui panggul, ke bokong, dan turun ke kaki. Ketika saraf skiatik terjepit, menyebabkan rasa sakit yang menjalar di sepanjang saraf skiatik, biasanya terjadi di satu sisi tubuh, memengaruhi semua atau sebagian pinggul, bokong, paha, betis, kaki harus disebut linu panggul .


    Cedera: seperti berolahraga, kecelakaan mobil, atau jatuh dapat merusak tendon, ligamen, atau otot yang menyebabkan nyeri pinggang bawah. Cedera juga dapat menyebabkan tulang belakang tertekan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan diskus pecah atau hernia, memberi tekanan pada saraf yang berasal dari sumsum tulang belakang. Ketika saraf tulang belakang terjepit dan dirangsang, nyeri punggung dan linu panggul dapat terjadi.


    Stenosis tulang belakang: adalah stenosis tulang belakang yang memberi tekanan pada sumsum tulang belakang dan saraf yang dapat menyebabkan rasa sakit atau mati rasa saat berjalan dan seiring waktu menyebabkan kelemahan dan hilangnya sensasi.


    Kelainan tulang termasuk skoliosis; limpa (lordosis) adalah kelengkungan tulang belakang ke depan, biasanya terletak di bagian lumbal dan serviks karena postur yang tepat atau patologi tulang belakang; cacat lahir lainnya pada tulang belakang



    2. Siapa yang berisiko mengalami sakit pinggang bagian bawah?

    Pengobatan sakit pinggang bagian bawah

    Selain beberapa penyebab terdapat pula beberapa faktor risiko lain yang dapat meningkatkan risiko sakit pinggang, termasuk:


    Umur: orang yang sering mengalami sakit pinggang bagian bawah biasanya berusia antara  30 dan 50 tahun, Seiring bertambahnya usia, tulang akan kehilangan kekuatannya karena osteoporosis, yang dapat menyebabkan patah tulang dan saat yang sama akan menurunkan elastisitas otot serta kekencangan otot. Diskus mulai kehilangan cairan dan mengurangi kelenturannya seiring bertambahnya usia, mengurangi kemampuan tulang belakang untuk menopang. Risiko stenosis tulang belakang juga memeningkat seiring bertambahnya usia.


    Tingkat latihan: sakit pinggang sering terjadi pada orang yang tidak berolahraga secara teratur. 


    Kehamilan : saat dalam kondisi hamil biasanya akan muncul sakit pinggang dekat bokong karena panggul harus berubah dan beradaptasi dengan berat dan ukuran janin. Gejala sakit pinggang ini kemungkinan besar akan hilang setelah melahirkan


    Penambahan berat badan: Kelebihan berat badan atau obesitas dapat memberi tekanan pada pinggang Anda dan menyebabkan nyeri pinggang bagian bawah.


    Genetika: Beberapa penyebab sakit punggung, seperti ankylosing spondylitis (ankylosing spondylitis) adalah peradangan yang terjadi pada persendian antara setiap vertebra di tulang belakang lumbar, atau antara tulang belakang dan panggul Anda, Penyebab penyakit ini sebagian karena faktor keturunan.


    Faktor pekerjaan: Pekerjaan yang membutuhkan gerakan pengangkatan, dorongan, atau penarikan, terutama saat terjadi putaran atau getaran tulang belakang, dapat menyebabkan cedera pinggang dan nyeri. Namun, pekerjaan yang tidak aktif atau pekerjaan kantoran juga dapat menyebabkan atau berkontribusi pada nyeri punggung bawah, terutama jika Anda memiliki postur tubuh yang buruk atau duduk sepanjang hari di kursi.


    Tas punggung / ransel : Tas ransel yang memiliki berat berlebihan dapat membuat otot punggung menjadi tegang dan menyebabkan kelelahan otot. American Academy of Orthopedic Surgeons menganjurkan agar anak-anak tidak memakai ransel atau tas kerja yang beratnya lebih dari 15 sampai 20% dari berat badan  mereka.


    3. Pengobatan sakit pinggang bagian bawah


    Perawatan rumah


    Hentikan aktivitas fisik harian selama beberapa hari dan tempelkan es ke pinggang bagian bawah. Dokter biasanya merekomendasikan penggunaan es selama 48 hingga 72 jam pertama.


    Pasien dapat menggunakan obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau acetaminophen (Tylenol), untuk meredakan nyeri.


    Terkadang berbaring telentang dapat menyebabkan rasa  tidaknyaman. Jika demikian, cobalah berbaring miring dengan lutut ditekuk dan bantal di antara kedua kaki Anda. Jika Anda berbaring telentang dengan nyaman, letakkan bantal atau handuk gulung di bawah paha untuk mengurangi tekanan pada punggung bawah.

    Mandi air hangatatau pijat b dapat mengendurkan otot pinggang yang kaku.


    Pengobatan


    Dokter biasanya akan menentukan dosis dan pemberian obat yang tepat berdasarkan gejala Anda. Beberapa obat yang mungkin diresepkan oleh dokter seperti:


    • Relaksan otot
    • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)
    • Obat seperti kodein untuk menghilangkan rasa sakit
    • Steroid untuk mengurangi peradangan
    • Jalani suntikan kortikosteroid.


    Fisioterapi juga dapat diresepkan oleh dokter, termasuk:


    • Pijat
    • Peregangan
    • Pijat punggung dan tulang belakang Anda


    Operasi


    Untuk  beberapakasus yang parah, pembedahan mungkin dilakukan untuk mengatasi masalah sakit pinggang. operasi biasanya dilakukan jika semua perawatan lain gagal. 


    • Reseksi bedah mengurangi tekanan dari akar saraf saat dikompresi oleh cakram atau tulang belakang yang membesar. Dokter bedah akan mengangkat lamina, yang merupakan bagian dari tulang yang membentuk ruas tulang belakang.


    • IDET (IntraDiscal Electrothermal Therapy) (IDET) adalah pengobatan non-invasif yang kurang invasif untuk sakit pinggang bagian bawah kronis yang disebabkan oleh nyeri yang berasal dari penyakit cakram degeneratif. herniasi tulang belakang atau herniasi diskus. Perawatan IDET membantu beberapa pasien menghindari intervensi bedah seperti dekompresi hernia, pengelasan tulang belakang atau penggantian cakram tulang belakang

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Alam

    +