• Jelajahi

    Copyright © Spirithealt
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    9 cara alami untuk membantu anda meningkatkan daya ingat

    , December 12, 2020 WIB Last Updated 2020-12-12T09:28:17Z
    Pernahkah kamu terkadang memikirkan sesuatu namun tiba-tiba lupa?. hal ini tentunya normal namun terkadang kelupaan ini bisa membawa banyak masalah serius apabila terjadi secara terus menerus

    Faktor genetika merupakan salah satu penyebab orang sering kelupaan dan  terutama terjadi pada keluarga yang memiliki riwayat penyakit Alzheimer. Namun, penelitian membuktikan bahwa pola makan dan gaya hidup juga merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap daya ingat.

    Berikut 9 cara alami untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat.

    1. Latihan konsentrasi


    Teknik fokus dan konsentrasi berkaitan erat dengan peningkatan kinerja memori. Konsentrasi juga berfungsi mengurangi risiko penurunan kognitif akibat usia.

    2. Pelatihan otak


    Otak mengingat dengan baik jika digunakan secara teratur. Salah satu cara untuk melatih otak Anda adalah dengan memainkan permainan otak. Permainan ini akan membantu Anda meningkatkan kemampuan memori, dan bahkan dapat membatasi risiko demensia.


    3. Luangkan waktu untuk bermeditasi


    Meditasi tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga untuk otak. Penelitian telah menunjukkan bahwa meditasi berkontribusi pada peningkatan otak dan peningkatan kinerja memori.

    4. Olah raga teratur


    Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuktubuh, termasuk otak. cukup dengan olahraga ringan dalam waktu singkat dapat secara efektif meningkatkan kinerja daya ingat 

    5. Memeriksa kandungan vitamin D dalam tubuh


    Kekurangan vitamin D dapat berdampak negatif terhadap penurunan daya ingat karena usia serta demensia. Jika kamu kekurangan vitamin D, dokter Anda akan melakukan tes darah, menyarankan diet dan meresepkan obat untuk mengobati penyakit tersebut.


    6. Tidur yang cukup


    Penelitian menunjukkan terdapat  hubungan yang kuat antara tidur yang cukup dan kemampuan memori untuk meningkatkan produktivitas. Tidur  yang nyenyak berkontribusi pada retensi memori yang baik. Hasilnya, Anda akan dapat mengingat dengan lebih baik saat Anda cukup tidur.

    7. Gunakan minyak ikan


    Ikan kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA. Penyerapan senyawa ini dapat membantu meningkatkan daya ingat dengan cukup efektif, terutama pada orang tua.


    8. Pertahankan berat badan yang ideal


    Obesitas merupakan faktor yang meningkatkan risiko penurunan daya ingat. Mempertahankan berat badan akan membantu Anda menghindari berbagai masalah yang berkaitan dengan obesitas atau kelupaan.


    9. Batasi konsumsi alkohol


    Penelitian menunjukkan alkohol dapat menjadi racun saraf, mempengaruhi otak, termasuk kehilangan ingatan. Asupan alkohol dalam jumlah sedang terkadang tidak menjadi masalah, tetapi terlalu banyak dapat merusak hipokampus - area penting di otak yang berkaitan dengan  memori.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Alam

    +