Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apa itu sampah plastik ?

Menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa , setiap tahunnya dunia menghasilkan sekitar 300 juta ton sampah plastik, namun kondisi pengolahan Sampah yang buruk masih menyebabkan volume sampah plastik di lingkungan meningkat dengan cepat sehingga menimbulkan banyak konsekuensi yang serius. Lalu darimana asal sampah plastik ? Apa dampak sampah plastik dan bagaimana cara membatasinya? Yuk simak langsung di artikel berikut!

1. Pengertian Sampah plastik
Plastik adalah produk yang tidak tersedia di alam tetapi dibuat oleh manusia.  sampah plastik dapat menyebabkan terjadinya pencemaran tanah karena sampah plastik memiliki waktu penguraian yang lama, dapat bertahan hingga ratusan atau ribuan tahun (botol plastik membutuhkan waktu 450 - 1000 tahun untuk terurai, sedotan plastik dan kantong plastik membutuhkan waktu hingga 100-500 tahun ...).

Contoh Sampah plastik yang di buang  setelah digunakan seperti: kantong plastik, botol plastik, sedotan plastik

2. Asal sampah plastik
Menurut laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa, setiap tahun dunia memiliki sekitar 300 juta ton sampah plastik yang berasal dari berbagai sumber seperti:

Sampah plastik dari kegiatan sehari-hari: Sebagai sampah yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari masyarakat seperti kantong plastik, botol plastik, kotak plastik, ... Apalagi dengan kesibukan yang semakin hari ini, permintaan Penggunaan produk makanan cepat saji dan peralatan sekali pakai semakin meningkat, yang menyebabkan peningkatan jumlah sampah plastik secara besar-besaran

Sampah plastik dari kegiatan industri: Sampah plastik juga terjadi dari pabrik, pabrik, kawasan industri ... baik dalam proses produksi, konstruksi maupun proses hidup karyawan, karyawan. .

Sampah plastik dari kawasan pariwisata dan pelayanan: Bisnis, kawasan hiburan, restoran, hotel ... juga merupakan sumber utama dari  sampah plastik.

Sampah plastik medis: Karena kekhususan industri medis yang menggunakan peralatan sekali pakai untuk meminimalkan risiko infeksi, dan peraturan keamanan yang ketat, jumlah sampah plastik dari layanan kesehatan sangat besar. Jenis limbah medis antara lain: kantong plastik, kemasan perbekalan dan peralatan medis, alat pengemas obat, bahan kimia atau jarum, sarung tangan, botol, obat ... 

Sampah dari barang impor:  Saat mengimpor barang dari luar negeri terutama permintaan barang China meningkat, jumlah sampah plastik dari kantong dan kotak plastik meningkat pesat.

3. Situasi sampah plastik setiap tahun
Menurut laporan Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa, setiap tahun dunia menggunakan 500 miliar kantong plastik dan sekitar 40% plastik yang diproduksi digunakan untuk kemasan. Dari tahun 1969 hingga sekarang, konsumsi plastik telah meningkat 20 kali lipat dan terus meningkat di masa mendatang.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, jumlah sampah yang dibuang dunia ke lingkungan setiap tahun sudah cukup untuk mengelilingi bumi sebanyak empat kali, jumlah ini terus meningkat setiap hari.  

Dapat dikatakan bahwa angka-angka di atas akan membuat siapa pun dikejutkan oleh bahaya serius dari krisis sampah. 

Post a Comment for "apa itu sampah plastik ? "

Berlangganan via Email