Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar spesies Hewan menarik yang hidup di hutan Amazon

Berapa banyak hewan yang hidup di hutan hujan Amazon? Spesies apa saja yang hidup disana? Hutan hujan Amazon adalah rumah bagi lebih dari 2.000 spesies hewan. 

Hutan hujan Amazon adalah rumah bagi 427 spesies mamalia, 1.300 spesies burung, 378 spesies reptil, dan lebih dari 400 spesies amfibi. Beberapa hewan khas yang hidup di hutan hujan Amazon adalah: cheetah, sloth, lumba-lumba sungai, macaw, anaconda, katak kaca, dan katak panah beracun. Satu dari sepuluh spesies yang diketahui di Bumi hidup di hutan hujan Amazon serta satu dari lima spesies burung yang diketahui. Hutan hujan Amazon adalah hutan hujan tropis terbesar di dunia. Ini menempati 40% dari benua Amerika Selatan dan dimiliki oleh negara-negara : Peru , Ekuador , Kolombia , Venezuela , Brasil , Bolivia , Guyana , Suriname dan Guyana Prancis

Berikut adalah beberapa hewan menarik yang hidup hutan hujan Amazon: 

Capybara
Hamster air (Capybara) memiliki penampilan yang mirip dengan marmot. Bentuknya bulat, panjang dan ditutupi bulu berwarna merah tua dan coklat. Marmot air dewasa memiliki tinggi sekitar 60 cm, panjang 125 cm, dan beratnya dapat mencapai 68 kg, menjadikannya hewan ini lebih besar dibandingkan dengan hewan pengerat lainnya dan merupakan hewan pengerat semi-alami semi-akuatik, yang sering hidup di lahan basah di hutan Amazon.

Trenggiling raksasa
 Trenggiling Raksasa suka makan serangga dan semut bau. Faktanya, moncong tubular dan lidahnya yang panjang sangat cocok untuk menggerogoti serangga di mana pun mereka suka. Spesies ini menyandang julukan raksasa, karena ukurannya jauh lebih besar dari spesies lainnya, berukuran panjang lebih dari 210 cm. 

Iguana hijau
Iguana Hijau (Green Iguana) merupakan hewan peliharaan favorit banyak orang di dunia. hewan terkadang disebut sebagai salamander. Tidak seperti banyak sepupu reptil mereka, kadal ini lebih suka memakan sayuran hijau, buah-buahan, cabang, dan bunga sebagai pengganti serangga dan hewan lainnya. iguana hijau dewasa bisa mencapai panjang 182 cm dari kepala hingga ekor. 

Harpy Eagle
Predator cantik ini hidup di Amerika Tengah dan hutan hujan Amazon. Meskipun menjadi pemburu yang terampil dan predator terbaik, mereka menghadapi ancaman signifikan dari aktivitas manusia. Terutama masalah yang terkait dengan hilangnya habitat karena sebagian besar hutan hujan Amazon sedang dibuka untuk dijadikan lahan pertanian, Dengan berat hingga 9 kg, Harpy Eagles betina bisa dua kali lebih besar dari pasangannya.

Golden lion tamarin

Makhluk aneh ini sebenarnya adalah monyet tetapi dinamai singa karena bulunya. Bulu emas yang tebal mengelilingi wajah hitamnya . Golden Lion Tamarin  bisa memiliki panjang 15 sampai 25 cm, sedangkan ekornya bisa lebih panjang 30 sampai 38 cm! Betina biasanya melahirkan anak kembar, di mana jantan berperan penting dalam merawat anak-anaknya, menggendong keturunannya di punggungnya saat mencari makanan. Mereka tidur di lubang pohon pada malam hari dan aktif pada siang hari, hidup berkelompok 2 sampai 8, membentuk kawanan dan menggunakan tanda atau nyanyian untuk melestarikan wilayah.

Anaconda
Merupakan spesies ular terbesar, terberat dan terkuat di dunia.Python Amerika Selatan ini dapat tumbuh hingga sepanjang 9,1 m dan berat hingga 250 kg! Mereka terus tumbuh sepanjang hidup mereka, makan sekitar 18 kg makanan per hari. Jika tertelan mangsa besar bisa memuaskan mereka selama beberapa minggu. Piton betina biasanya lebih besar dan melahirkan sekitar 20 hingga 40 anak dengan panjang sekitar 60 cm.

Jaguar
Dikatakan sebagai raja hutan Amazon, jaguar adalah spesies kucing terbesar di Amerika, peringkat ketiga di dunia, di belakang singa dan harimau. Bintik-bintik mereka, sangat mirip mawar, membedakannya dari kucing besar lainnya. jaguar memiliki kekuatan gigitan terkuat dari semua kucing pemangsa, dengan rahang yang sangat kuat. jaguar memiliki kemampuan untuk menembus tengkorak dan memecahkan cangkang penyu. Makhluk ini adalah pembunuh tunggal, dan akan sering memanjat pohon untuk bersembunyi saat berburu

Burung macaw
Berasal dari hutan Amerika Selatan, macaw adalah burung biasa hidup dalam kawanan. Mereka setia kepada pasangan seumur hidup mereka. Mereka adalah burung yang indah dengan bulu yang cerah. Paruhnya cukup kuat dan dapat dengan mudah meremukkan kacang, sedangkan lidahnya memiliki sisik dan tulang kering, sebagian besar digunakan untuk mengetuk buah. Beberapa burung ini bahkan mampu meniru kata-kata manusia!

Post a Comment for "Daftar spesies Hewan menarik yang hidup di hutan Amazon"

Berlangganan via Email