Pengertian kebakaran hutan dan cara menanggulanginya

Kebakaran hutan juga dikenal dengan nama wildfire
Apakah Kebakaran hutan itu? 

Kebakaran hutan juga dikenal dengan nama  wildfire. Wildfire adalah peristiwa kebakaran yang tiba-tiba dimulai di hutan yang mempengaruhi atau menghancurkan beberapa atau semua sumberdaya di hutan itu. Ada dua jenis kebakaran hutan: kebakaran hutan yang dapat dikendalikan melalui silvikultur dan kebakaran yang tidak terkendali. Saat kebakaran hutan terjadi, tirai asap menutupi seluruh hutan

Bagaimana pencegahan dan cara mengatasi kebakaran hutan?

Kebakaran hutan menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem dan  mempengaruhi kehidupan manusia. Oleh karena itu uetiap orang perlu memiliki tanggung jawab dalam pencegahan dan perlindungan hutan dari bahaya kebakaran dibawah ini beberapa tindakan yang dapat dilakukan guna untuk mencegah dan mengatasi kebakaran hutan yaitu sebagai berikut:

Peningkatan kesadaran

• Menyebarkan, menyebarluaskan dan mendidik masyarakat tentang pencegahan kebakaran hutan dan undang-undang penanganan kebakaran.

• Pemerintah dan masyarakat perlu memiliki komitmen untuk mencegah kebakaran dan melakukan penanaman pohon secara berkala. 

• Mengadvokasi dan menyebarluaskan agar masyarakat tidak membakar hutan untuk pertanian .

Bagaimana menangani kebakaran hutan?

- Di tempat-tempat di mana kebakaran hutan terjadi, perlu ditangani secara proaktif dengan cepat dan tepat.

- Klarifikasi penyebabnya. dan lakukan  pemadaman kebakaran dengan sesegera mungkin.

- Memperkuat inspeksi dan perlindungan hutan

- perlu memperkuat pengendalian tindakan pencegahan dan pemadaman kebakaran.

- Mengawasi dan memonitor orang yang masuk dan keluar hutan.

- Deteksi dini dan penanganan cepat terhadap kebakaran yang baru timbul.

- Tetapkan dan atur personil untuk secara teratur memeriksa dan menjaga hutan saat puncak musim panas dan kering.

- Pemantauan cuaca secara teratur akan membantu memprediksi kebakaran hutan yang terjadi. Hal tersebut dapat membantu  mengarahkan dan mengatur personil pemadam untuk penanganan yang  cepat dan tepat

Kebakaran hutan tidak selalu berarti buruk. Karena merupakan fenomena alam dan membawa manfaat bagi sebagian ekosistem hutan. Namun, kebakaran baru-baru ini telah menyebar ke mana-mana tanpa terkendali. Karena perubahan iklim adalah bencana bagi lingkungan dan manusia.